Header Ads

Berharap Engakau yang Disebut Mahasiswa Terlahir Kembali

Pagi itu sungguh cerah mentari cahayanya menembus di sela-sela dedaunan yang pohonnya rindang, udara sejuk menambah kenyamanan, menemani langka demi langkah berjalan menuju tempat berkumpulnya mahasiswa baru angkatan 2012, pete-pete pun tak kala duluan penuh sesak mahasiswa juga, lain lagi motor dan mobil pribadi mengisakkan penuh tempat parkir seolah terjadi kemacetan, ini bukan masalah macet atau ada demonstrasi tapi hari ini adalah hari bersejarah generasi baru unhas, generasi emas bangsa akan terlahir kembali,siapakah mereka? 

Merekalah siswa yang akhirnya resmi menjadi status mahasiswa hari itu dikumpulkan dibaruga A. Pettarani sekitar kurang lebih dua ribu orang mahasiswa ditampung, menjalani proses P2MB tingkat universitas yang berlangsung dua hari, saat itu diberikan modul yang isinya adalah deskripsi tentang Unhas beserta gambaran-gambaran program studinya, penyambutan mahasiswa baru hari itu Unhas menjadi merah kembali, paduan suara PSM (Paduan Suara Mahasiswa) Unhas menambah kebanggan, semangat itu terus bertambah, sambutan rektor semakin membuat suasana meriah karakter MARITIM UNHAS diperkenalkan dan inilah karakter unhas yang ingin dibangun, ditambah pemaparan ketua-ketua UKM universitas semakin menambah semangat untuk cepat-cepat kuliah dan bergabung dengan komunitas itu. saat istirahat hal yang dulunya hanya terlihat di televisi aksi demonstrasi kini di depan mata itu jelas terlihat penolakan terhadap P2MB, pembakaran karet ban membuat pertanyaan besar inikah mahasiswa yang sebenarnya atau apa yang sebenarnya mereka lakukan? 
entahlah diam hanya tindakan tanpa sebab jalan hanyalah langkah pertanda tidak terjadi apa-apa kawan. 
Hari ini telah berlalu esok pun tiba P2MB tingkat fakultas dilaksanakan, dan kini kami di farmasi menyusuri tangga demi tangga, seolah lorong yang sembunyi telah menanti ini bukan terowongan tapi inilah ruangan farmasi yang ada di lantai empat perpustakaan pusat maklumlah fakultas baru, fakultas bungsu di universitas ini, sarana dan prasarana jelas sungguh menyedihkan atap rusak, jendelah pecah, sarang kelilawar ada, bahkan gudang pun ada. tapi langkah tetap maju berjalan terus hingga berada di ruangan, dan inilah mahasiswa farmasi unhas 2012 materi demi materi diperkenalkan orientasi akademik dan laboratorium itu harus disampaikan sungguh luar biasa mereka itulah inspirasi dibalik sarana yang kurang terdapat sumber daya yang hebat-hebat ditambah janji bahwa insya Allah gedung Fakultas Farmasi yang baru akan dibangun setidaknya senyum itu tercipta dan semangat jelas tidak boleh padam inipun berlangsung dua hari juga. 

Esok berlalu hari ini pun tiba P2MB tingkat BEM pun dilaksanakan, kepala botak jelas menjadi lambang tiap tahun untuk maba (mahasiswa baru), baru jam tujuh pagi kita sudah harus berpakaian rapi lengkap dengan almamater di pelataran depan Fakultas Farmasi, tunduk adalah budaya baru yang harus dibiasakan, olahraga pun menjadi asupan pagi yang harus juga dibiasakan, kupegang tangan orang yang belum aku kenal, jongkok dan jalan menaiki lantai ke empat sungguh lelah, di atas pun juga tetap harus berjalan satu persatu mulai berjatuhan beginikah mahasiswa Farmasi?
seperti inikah momok yang menakutkan itu "PENGKADERAN" yang kini telah berganti "PEMBINAAN"? 
Pembukaan pun dimulai doktrin pikiran pun dilakukan, mahasiswa seharusnya seperti ini tidak seperti itu, kalian adalah teman jangan egois bantulah teman, seolah kata satu sakit semua harus merasakannya dan itu kalian harus jaga sahut senior-senior, sedikit gambaran kebiasaan untuk menemukan dan menjadi mahasiswa berharap mahasiswa kini terlahir kembali. dan inilah sedikit kisah mencoba menambah pengalaman berharap cerita esok hari, hingga saat itu kuputuskan untuk menemukan mahasiswa dan menjadi mahasiswa.mahasiswa Farmasi Unhas yang seutuhnya. P2MB menuju Resep (Reformulasi sikap etika dan pola pikir) berlanjut OBAT (Orentasi Bina Akhlak Terpadu) terus berjalan menuju PDKMF (Pelatihan Dasar kepemimpinan mahasiswa farmasi) dan kini LKTM (Latihan Kepemimpinan Tingkat menengah). waktu terus berjalan setiap masa ada masanya dan kini masa mahasiswa itu tiba, mahasiswa harus menjadi mahasiswa luar biasa jangan menjadi mahasiswa biasa saja apa yang kita lakukan saat ini itulah yang insya Allah akan kita tunai esoknya. jadilah pemuda yang selalu bermanfaat untuk diri sendiri dan terlebih untuk orang lain.





Oleh:
BUDIMAN YASIR
Mahasiswa Fakultas Farmasi 
Universitas Hasanuddin 2012








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.