Header Ads

Pernyataan Sikap Aliansi Unhas Bersatu Menolak Unhas Berstatus PTNBH


ALIANSI UNHAS BERSATU
(ALIANSI BEM/SEMA, UKM SE-UNIVERSITAS HASANUDDIN) 
BEM FMIPA, BEM FARMASI, BEM PERTANIAN, SEMA FAPET, BEM SYLVA, KEMA FIKP, BEM KEDOKTERAN, SEMA TEKNIK, BEM FKM, SEMA EKONOMI, BEM HUKUM, BEM FISIP, BEM KMF SASTRA, BEM FKG, UKPM UNHAS, LAW UNHAS 

PERNYATAAN SIKAP 

Bismillahirrahmanirahim…

“….Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan Bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,….” 

Maka telah ‘gamblang’ dijelaskan dalam pembukaan (preambule) UUD 1945 bahwa mencerdaskan kehidupan Bangsa merupakan kewajiban konstituonal yang harus dijalankan oleh Negara. Hal ini merupakan perwujudan cita-cita Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Mengingat pada zaman penjajahan, Bangsa Indonesia berada dalam posisi tidak terdidik dan pendidikan hanya diperoleh bagi kaum tertentu. Bahwa pendidikan kemudian juga menjadi hak bagi setiap warga Negara telah ditegaskan dalam batang tubuh UUD 1945 pada pasal 31 ayat (1). Dalam norma hukum Internasional, hak warga Negara memperoleh pendidikan juga termaktub dalam Universal Declaration on Human Rights pasal 26 bahwa pendidikan yang bertujuan untuk untuk mengembangkan kemanusiaan, wajib diterapkan untuk dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Sejalan dengan dikeluarkannya PP No. 53 Tahun 2015 tentang Statuta Unhas, maka Unhas sekarang telah berstatus Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) semenjak tanggal diberlakukannya. Otonomi di bidang akademik dan non akademik diberikan kepada Unhas. Hal ini membuktikan lepasnya tanggung jawab negara dalam menjalankan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, setelah dibukanya hak otonom maka keran penyalahgunaan dana semakin tinggi, yang kemudian memunculkan wajah-wajah koruptor di berbagai sektor di Unhas. Masalah kekinian yang dihadapi oleh mahasiswa yakni membengkaknya rata-rata biaya spp atau UKT sebanyak tiga kali lipat dari sebelumnya yang menyebabkan berkurangnya akses masyarakat untuk mengenyam Pendidikan Tinggi karena keterbatasan biaya. 

Dari uraian di atas maka kami aliansi Unhas Bersatu menyatakan sikap untuk menolak Status PTN BH di Unhas. 

Hidup Mahasiswa 
Hidup Rakyat 
Panjang Umur Perjuangan

sumber:  Unhas Bersatu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.