Langsung ke konten utama

Refleksi 1 Tahun Kepemimpinan Jokowi


Diskusi teras Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, kamis (22/10)

bem-kemafarunhas.or.id,- Negara pada dasarnya melayani wilayah kepentingan dari kelompok yang dominan dalam masyarakat. Hal ini disebabkan karena negara merupakan alat dari kelompok dominan ini. karena secara struktural, eksistensi negara tergantung pada keberhasilan kelompok ini. untuk mendapatkan keabsahan bagi perannya yang berpihak pada kelas dominan ini, diciptakan ideologi sehingga kelompok yang diinginkan bisa menerima peran ini.

Pemimpin merupakan subjek utama yang berperan untuk mengatur dan menyatukan aspirasi dari pihak demokratis terhadap keseluruhan lapisan masyarakat. pemimpin harus mampu menela'ah maksud dari pihak demokratis dan melihat keselarasannya terhadap seluruh lapisan masyarakat secara umum. pengambilan keputusan didasarkan pada musyawarah mufakat yang dihadiri oleh beberapa oknum dari berbagai lapisan masyarakat.

Joko Widodo merupakan presiden masa sekarang, dalam 1 tahun masa kepemimpinannya. dianggap belum mampu mewujudkan legitimasi pemerintahan negara. telah timbul isu bahwa Jokowi memihak pada kelompok tertentu, Jokowi tetap mendapatkan dukungan dari rakyatnya. meski masih ada pihak yang kontra dalam hal ini. banyaknya dukungan terhadap Jokowi disebabkan karena belum adanya tindakan menyimpang sampai pada saat ini yang dilakukan oleh presiden yang satu ini. meskipun penyaluran mengenai niat awal yang ia kemukakan saat perekrutan awal belum satu pun terwujud dengan sempurnah.

Pada masa kekuasaan Jokowi selama setahun ini, belum terlihat transparansi langsung mengenai tindakan menyimpang. sehingga, belum dapat dilakukan analisa untuk menentang atau memberikan kritikan tajam mengenai masa kekuasaaan Jokowi saat ini.

oleh: Ade Andini (mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin)
(rangkuman Diskusi Teras Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas)

foto: Ade Andini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali)
Cara Menghafal Periodik Unsur: H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr.
Hari Libur Nanti Kita Rbutan Celana sFriska
2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah)
Cara Menghafal Periodik Unsur: Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra.
Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata
3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium)
Cara Menghafal Periodik Unsur : B. Al. Ga. In. Tl.
Butet Adalah Gadis Indonesia Tulen
4.Unsur Golongan 4A (Carbon)
Cara Menghafal Periodik Unsur: C. Si. Ge. Sn. Pb.
Cewek SeksiGenit SedanPuber
5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen) 
Cara Menghafal Periodik Unsur : N. P. As. Sb. Bi.
Neng Putri Asyik Sibuk Bisnis
6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : O. S. Se. Te. Po.
Orang Sulawesi Senang Tembak Polisi
7.  Unsur Golongan 7A (Halogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : F. Cl. Br. I. At.
Flamini Club BarIngin Atraksi
8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia)
Cara Menghafal Periodik Unsur :  He. Ne. Ar. Kr. Xe. Rn.
Heboh Negara Argentina Karena Xerong maRadona
Itulah tips dan Cara Menghafal Tabel Periodik U…

[REMINDER] - Jangan Lupa Membaca Surah Al-Kahfi di Tiap Jumat

[REMINDER]⁣ ⁣ Jangan lupa membaca surah Al-Kahfi tiap hari Jumat⁣ ⁣ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ. رواه الحاكم.⁣ ⁣ Dari Abu Said Al-Khudri r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Sungguh siapa membaca surah Al-Kahf di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).⁣ ⁣ ----------------------⁣ ⁣ BEM KEMAFAR-UH Periode 2019/2020⁣ Kabinet KARYA⁣ Departemen Keorhanian⁣ 18/KEROHANIAN/VI/14052020

Yuuk, Kenal Lebih Dekat dengan AOMKI

sumber gambar: https://pbs.twimg.com/profile_images/620458551069114368/W2zOvocg.jpg
Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI) merupakan satu-satunya wadah yang menaungi sembilan organisasi mahasiswa (Ormawa) kesehatan Indonesia yang terdiri dari ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia), PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia), ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia), ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia), ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia), CIMSA (Center for Indonesian Medical Students' Activities), dan AMSA (Asian Medical Students' Association-Indonesia). 

Aliansi organisasi mahasiswa kesehatan Indonesia memiliki sejarah yang panjang, yaitu berawal dari dicanangkannya program HPEQ Student yang diinisiasi oleh Kemenristek Dikti dan 9 organisasi mahasiswa pada tahun …