Header Ads

Refleksi 1 Tahun Kepemimpinan Jokowi


Diskusi teras Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, kamis (22/10)

bem-kemafarunhas.or.id,- Negara pada dasarnya melayani wilayah kepentingan dari kelompok yang dominan dalam masyarakat. Hal ini disebabkan karena negara merupakan alat dari kelompok dominan ini. karena secara struktural, eksistensi negara tergantung pada keberhasilan kelompok ini. untuk mendapatkan keabsahan bagi perannya yang berpihak pada kelas dominan ini, diciptakan ideologi sehingga kelompok yang diinginkan bisa menerima peran ini.

Pemimpin merupakan subjek utama yang berperan untuk mengatur dan menyatukan aspirasi dari pihak demokratis terhadap keseluruhan lapisan masyarakat. pemimpin harus mampu menela'ah maksud dari pihak demokratis dan melihat keselarasannya terhadap seluruh lapisan masyarakat secara umum. pengambilan keputusan didasarkan pada musyawarah mufakat yang dihadiri oleh beberapa oknum dari berbagai lapisan masyarakat.

Joko Widodo merupakan presiden masa sekarang, dalam 1 tahun masa kepemimpinannya. dianggap belum mampu mewujudkan legitimasi pemerintahan negara. telah timbul isu bahwa Jokowi memihak pada kelompok tertentu, Jokowi tetap mendapatkan dukungan dari rakyatnya. meski masih ada pihak yang kontra dalam hal ini. banyaknya dukungan terhadap Jokowi disebabkan karena belum adanya tindakan menyimpang sampai pada saat ini yang dilakukan oleh presiden yang satu ini. meskipun penyaluran mengenai niat awal yang ia kemukakan saat perekrutan awal belum satu pun terwujud dengan sempurnah.

Pada masa kekuasaan Jokowi selama setahun ini, belum terlihat transparansi langsung mengenai tindakan menyimpang. sehingga, belum dapat dilakukan analisa untuk menentang atau memberikan kritikan tajam mengenai masa kekuasaaan Jokowi saat ini.

oleh: Ade Andini (mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin)
(rangkuman Diskusi Teras Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas)

foto: Ade Andini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.