Header Ads

Menkes RI Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Obat



Jakarta - Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek berpesan agar masyarakat cerdas menggunakan obat-obatan. Itu fokus Kementerian Kesehatan sesuai Hari Kesehatan Nasional pada 12 November. 
"Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. Kami ingin masyarakat menggunakan obat secara rasional. Minimal, dengan tidak menggunakan obat antibiotik tanpa resep dokter," tegas Menkes di Jakarta, Jumat (13/11/2015). 
Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 35,2 persen rumah tangga menyimpan obat swamedikasi. Dari sekitar 35,2 persen rumah tangga yang menyimpan obat, 35,7 persen, diantaranya menyimpan obat keras dan antibiotik. Sekitar 27, 8 persen di antaranya menyimpan antibiotik, dan 86,1 persen antibiotik tersebut diperoleh tanpa resep dokter. 

Kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi dari tenaga kesehatan menyebabkan masyarakst menggunakan antibiotik tanpa supervisi tenaga kesehatan. Persepsi masyarakat salah dan banyaknya masyarakat yang membeli antibiotik secara bebas tanpa resep dokter dapat memicu terjadinya masalah resistensi antibiotik. 
"Kami takutkan sekarang yang salah satunya bisa kita lihat angka resistensi penggunaan antibiotik di Indonesia masih tinggi. Contohnya pasa kehidupan manusia sehari-hari, menggunakan antibiotik dari hewan. Salah satu penyebabkan lainnya juga, orang membeli obat tanpa resep dokter. Ini yang menyebabkan resistensi tinggi," ungkap Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo menambahkan. [aji] - 

Sumber: inilah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.