Langsung ke konten utama

Yuuk, Kenal Lebih Dekat dengan AOMKI

sumber gambar: https://pbs.twimg.com/profile_images/620458551069114368/W2zOvocg.jpg

Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI) merupakan satu-satunya wadah yang menaungi sembilan organisasi mahasiswa (Ormawa) kesehatan Indonesia yang terdiri dari ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia), PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia), ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia), ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia), ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia), CIMSA (Center for Indonesian Medical Students' Activities), dan AMSA (Asian Medical Students' Association-Indonesia). 

Aliansi organisasi mahasiswa kesehatan Indonesia memiliki sejarah yang panjang, yaitu berawal dari dicanangkannya program HPEQ Student yang diinisiasi oleh Kemenristek Dikti dan 9 organisasi mahasiswa pada tahun 2010 dan berakhir tahun 2014. 

Sejak awal digagas, proyek Health Professional Education Quality (HPEQ), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI telah melibatkan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam misinya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kesehatan di Indonesia. Penyelenggaraan Indonesian Health Professional Student Summit pada November 2010 yang menghasilkan sebuah deklarasi mahasiswa pendidikan tinggi kesehatan Indonesia semakin memantapkan partisipasi aktif mahasiswa dalam bidang pendidikan. 

HPEQ Student terus berusaha merealisasikan partisipasi mahasiswa dalam upaya peningkatan pendidikan ilmu kesehatan. Salah satu buah karya yang segera dilahirkan ketika itu ialah Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Indonesia (BIMKES). BIMKES merupakan jawaban akan rendahnya publikasi ilmiah di Indonesia hingga saat ini sekaligus menjadi wadah solusi wajib publikasi ilmiah bagimahasiswa S1/S2/S3 yang diberlakukan oleh Dikti berdasarkan Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012. BIMKES membuka peluang besar bagi mahasiswa kesehatan di Indonesia untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka. 

Berakhirnya HPEQ Student ini menjadi langkah awal terbentuknya AOMKI. AOMKI lahir dengan komitmen besar para pimpinan ormawa kesehatan Indonesia sehingga pada tanggal 4 Desember 2014 AOMKI resmi didirikan. 

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya medical error adalah dengan bekerja di dalam tim. Praktik kolaborasi yang berpusat pada pasien dan pendidikan interprofesi merupakan kunci untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang efektif dan meningkatkan outcome pelayanan pada pasien. Untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu melakukan kolaborasi di tatanan pelayanan, maka konsep pendidikan interprofesi perlu ditanamkan sejak dini kepada mahasiswa dan profesional muda kesehatan dengan memberikan paparan yang nyata mengenai konsep praktek interprofesi sesuai dengan kompetensi pendidikan interprofesi. Maka dari itu AOMKI menjadikan pendidikan kolaborasi menjadi prinsip dasar dalam program kerja yang akan dilaksanakan. 

Tujuan utama aliansi organisasi mahasiswa kesehatan Indonesia ini adalah menjalin persatuan dan kesatuan antar Ikatan organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) kesehatan sebagai insan yang menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan serta menjadi wadah pergerakan mahasiswa kesehatan yang berpengaruh dalam proses usaha pencapaian Kesehatan Indonesia. 

Struktur kepengurusan AOMKI merupakan gabungan beberapa perwakilan dari setiap ormawa. Seluruh pimpinan ormawa menjadi pimpinan tertinggi dalam pengambilan keputusan strategis di dalam berjalannya aliansi ini. Namun dalam pelaksanaannya, kepengurusan AOMKI akan dipimpin langsung oleh Koordinator Aliansi. Koordinator Aliansi bukan merupakan orang perorangan melainkan organisasi mahasiswa kesehatan/ioms yang disepakati oleh seluruh ormawa pada saat summit, dalam operasionalnya ditunjuk satu orang yang berasal dari ormawa tersebut melalui mekanisme yang dipercayakan kepada ormawa yang bersangkutan. Koordinator bersama dengan wakil koordinator akan berkoordinasi langsung dengan pimpinan ormawa dan BoT (Board of Trusty) dalam pengambilan keputusan dan menjalankan program kerja. Koordinator aliansi dibantu oleh wakil koordinator, sekretaris eksekutif, bendahara dan dua koordinator bidang isu. AOMKI mewadahi aspirasi mahasiswa kesehatan Indonesia dalam menyelesaikan isu pendidikan kolaborasi tenaga kesehatan dan isu kesehatan nasional. Selain melakukan kajian dan advokasi, AOMKI juga akan melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis kolaborasi yaitu KUIS (Kolaborasi Untuk Indonesia Sehat).

Dalam upaya pengembangan organisasi, AOMKI membangun kerjasama strategis dengan stakeholder dan organisasi lain. Mulai dari organisasi pemerintah seperti Kemenristek DIKTI dan organisasi non pemerintahan yaitu IYHPS (Indonesian Young Health Professionals Society). AOMKI merupakan rumah satu satunya bagi seluruh organisasi mahasiswa kesehatan Indonesia, maka dari itu mari berkolaborasi untuk Indonesia sehat sejahtera. 

Sumber : hpeqstudent.org


kontributor: 
Nuur Aanisa
Mahasiswa Fakultas Farmasi Unhas 2013
Staf Ahli Peningkatan dan Pengembangan Potensi Keprofesian BEM KEMAFAR-UH

Komentar

ISB Fighter mengatakan…
Agen Bola SBOBET

sangat terpercaya

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali) Cara Menghafal Periodik Unsur:  H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr. H ari  L i bur  Na nti  K ita  Rb utan  C elana  s i  Fr iska 2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) Cara Menghafal Periodik Unsur:  Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra. Be li  Ma ngga  Ca mpur  S i r sak  Ba gi  Ra ta 3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium) Cara Menghafal Periodik Unsur :  B. Al. Ga. In. Tl. B utet  A da l ah  Ga dis  In donesia  T ulen 4.   Unsur Golongan 4A (Carbon) Cara Menghafal Periodik Unsur:  C. Si. Ge. Sn. Pb. C ewek  S eksi   Ge nit  S eda n g  P u b er 5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen)  Cara Menghafal Periodik Unsur :  N. P. As. Sb. Bi. N eng  P utri  As yik Si b uk  Bi snis 6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  O. S. Se. Te. Po. O rang  S ulawesi  Se nang  Te mbak  Po lisi 7.  Unsur Golongan 7A (Halogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  F. Cl. Br. I. At. F lamini  Cl ub  B a r u  I ngin  At raksi 8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia

Sebait Kalimat dari Pengurus Bem Demisioner 2015/2016 untuk Seluruh Anggota Kemafar-UH

Assalamualaikum wr wb,  Tanpa mengurangi rasa hormat kami kepada seluruh anggota KEMAFAR-UH dimanapun berada saat ini, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat,  Melalui tulisan ini dengan segala kerendahan hati dan penuh kesadaran, kami meminta maaf jika selama satu periode kepengurusan BEM KEMAFAR-UH 2015/2016 ini banyak kekurangan dan ketidakpuasan dari anggota atas kinerja kami sebagai pelayan KEMAFAR-UH, tidak mewadahi anggota, dan tidak berbuat lebih untuk memajukan organisasi yang kita cintai ini,  kami memohon maaf.  Bagi kami, tak ada yang bisa kami berikan kepada organisasi ini selain memegang teguh untuk bekerja dan berpikir dalam memajukan KEMAFAR-UH sebagai amanah yang telah dititipkan, walaupun akhirnya banyak kekecewaan. Semoga segala evaluasi anggota yang diberikan juga demikian - untuk memajukan organisasi ini bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan saja.  Pastilah bahwa dalam kehidupan selalu ada kemajuan dan kemunduran dalam segala aktifita

Hasil Pandangan Umum terhadap LPJ Pengurus BEM KEMAFAR-UH 2015/2016

Laporan Pertanggung Jawaban Kabinet Progresif  Revolusioner BEM KEMAFAR-UH www.bem-kemafarunhas.or.id - Pukul dua kurang sepuluh menit dinihari, asrama KPMB-MSC, salah satu agenda kongres KEMAFAR-UH 2016, pandangan umum terhadap laporan pertanggung jawaban (lpj) pengurus BEM KEMAFAR-UH periode 2015/2016 telah disampaikan oleh masing-masing angkatan. Hasilnya berimbang, tiga angkatan menolak dan tiga lainnya menerima. dengan rincian sebagai berikut; angkatan 2010, mengatakan bahwa pengurusan periode ini ada kemajuan, lpj yang disampaikan lengkap, namun angkatan mereka merasa kurang terfasilitasi, sehingga menyatakan menolak. angkatan 2011, menyampaikan bahwa periode kepengurusan ini ada perkembangan, terkesan lebih rapi dalam hal konsep dan pelaksanaan program kerja, namun menganggap pihak Bem kurang memfasilitasi angkatan tua, sehingga menyatakan menolak . angkatan 2012, tegas menolak LPJ BEM periode 2015/2016 dengan alasan transparansi kegiatan dan dana tidak jelas, keuang