Langsung ke konten utama

Bapa'ku,

Oleh:
BY
Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin

Mengenang dua bulan kepergian sang ayah tercinta (gambar: Beautiful & Amazing Photo Collection)

Mengenang dua bulan kepergian bapak tercinta

Hari begitu cepat berlalu, usia setiap detik bertambah, kebersamaan hari ini adalah kenangan untuk kemudian, tak pernah menginginkan buah hatinya menderita, senyum mereka adalah cinta yang membuatnya tak kenal lelah, dekapan  tubuhnya adalah kehangatan dan  keamanan buat mereka, sikap dan akhlaknya adalah contoh  teladan bagi mereka.
Tak pernah engkau mengeluh membanting tulangmu, mencari sesuap nasi halal untuk mereka buah hatimu generasi kebanggaanmu esok hari, nasehat dan didikanmu adalah pesan terbaik dan bekal dalam mengarungi kehidupan ini, engkau jaga keluargamu dengan penuh cinta dan pengorbanan sekalipun jasad menjadi taruhannya.
Bapaku, masih  sangat segar di hati dan pikiran ini saat terakhir kalinya aku mencium kedua tanganmu sebelum kepergianmu selamanya, mendahului kami dari dunia fana ini. teringat jelas saat-saat kepergianmu aku hanya berada satu hari bersamamu di rumah, dan  kau ridhoi anakmu ini merantau belajar ke negeri orang dan menjadi anak yang bertanggungjawab atas amanah yang telah diberikan kepadanya namun saat dia kembali takdir dan ketentuanNya telah berkehendak, engkau telah pergi selamanya.
Tak kan pernah terlupa sosok wajah dan senyum yang terpancar darimu. bersama buah hatimu, bercanda, dan memberikan mereka kebahagiaan. Tak pernah engkau menuntut lebih atas takdir yang telah ditetapkan kepadamu, bersabar, bekerja keras dan menjalankan perintahNya adalah caramu mensyukuri nikmat yang telah diberikan kepadamu.
Bapaku, bahkan setiap detik kebersamaan takkan mampu untuk aku lupakan, ‘ketika usia buah hatimu baru berumur 6 tahun dan kamu temui dia berbaring di depan tv dengan penuh cinta dan kasih sayangmu kamu gendong dia dan kamu tidurkan perlahan-lahan di kasur tak ingin dia terganggu dan terbangun, kamu ambilkan makanan dan kamu suapi, bersama ibuku segalanya kamu lakukan untuk kebahagiaan buah hatimu walau terkadang menanggung malu sering kau dapatkan. Air mata di setiap doamu untuk mereka adalah saksi betapa engkau ingin melihat mereka bahagia .
Kini engkau telah meninggalkan kami di dunia ini dengan sejuta pesan dan bekal dalam mengarungi arti kehidupan ini, meninggalkan sejuta kenangan bersamamu, meninggalkan setiap wasiat untuk bersabar, bekerja keras, dan menaati perintahNya, untuk terakhir kalinya di saat kepergianmu kulihat wajahmu dengan penuh kesungguhan, kutatapi dan kucium keningmu malam itu aku terbaring di sampingmu, memelukmu, dan menyapamu lewat lantunan suci Al-Qur'an hingga pagi menampakkan cahayanya. Tak sedikit pun aku ingin tertidur memohon ampunan dan kasih sayangNya kepada sang pemilik kehidupan, berharap engkau dikasihi, diampuni dosamu dan diberikan tempat tepuji di sisiNya. amin.
Mengangkat jenazahmu, memandikanmu, menshalatimu dan mengantarkanmu ke tempat peristirahatan terakhir adalah kewajibanku kepadamu semoga engkau selalu tenang dan bahagia di sisiNya, bertemu dengan sang pemilik segala kehidupan.
Perpisahan adalah sebuah kepastian, namun kenangan bersama dengan orang tercinta akan selalu hidup di dalam sanubari. Orang tua adalah surga bagi setiap anak-anaknya, mendoakan mereka, berbakti kepadanya, dan membuatnya bahagia adalah sebuah keharusan untuk dilakukan. Untukmu bapaku dalam setiap doa kusebut namamu memohon ampunan dan diberikan kebahagiaan di sisiNya, dengan doa aku menyapamu walau aku tahu tak akan pernah sanggup aku membalas jasa-jasamu.
Untukmu yang selalu kurindukan, yang selalu aku sayangi bersama ibuku tercinta sampai berjumpa disurga kelak insha Allah kita semua akan dipertemukan kembali olehNya dan kami semua pun akan menyusulmu.


Istirahatlah dengan tenang dan tunggulah, aku akan selalu datang menyapamu, Bapakku.
di ruang sempit nan sederhana
Makassar, 16 Februari 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali) Cara Menghafal Periodik Unsur:  H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr. H ari  L i bur  Na nti  K ita  Rb utan  C elana  s i  Fr iska 2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) Cara Menghafal Periodik Unsur:  Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra. Be li  Ma ngga  Ca mpur  S i r sak  Ba gi  Ra ta 3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium) Cara Menghafal Periodik Unsur :  B. Al. Ga. In. Tl. B utet  A da l ah  Ga dis  In donesia  T ulen 4.   Unsur Golongan 4A (Carbon) Cara Menghafal Periodik Unsur:  C. Si. Ge. Sn. Pb. C ewek  S eksi   Ge nit  S eda n g  P u b er 5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen)  Cara Menghafal Periodik Unsur :  N. P. As. Sb. Bi. N eng  P utri  As yik Si b uk  Bi snis 6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  O. S. Se. Te. Po. O rang  S ulawesi  Se nang  Te mbak  Po lisi 7.  Unsur Golongan 7A (Halogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  F. Cl. Br. I. At. F lamini  Cl ub  B a r u  I ngin  At raksi 8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia

Sebait Kalimat dari Pengurus Bem Demisioner 2015/2016 untuk Seluruh Anggota Kemafar-UH

Assalamualaikum wr wb,  Tanpa mengurangi rasa hormat kami kepada seluruh anggota KEMAFAR-UH dimanapun berada saat ini, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat,  Melalui tulisan ini dengan segala kerendahan hati dan penuh kesadaran, kami meminta maaf jika selama satu periode kepengurusan BEM KEMAFAR-UH 2015/2016 ini banyak kekurangan dan ketidakpuasan dari anggota atas kinerja kami sebagai pelayan KEMAFAR-UH, tidak mewadahi anggota, dan tidak berbuat lebih untuk memajukan organisasi yang kita cintai ini,  kami memohon maaf.  Bagi kami, tak ada yang bisa kami berikan kepada organisasi ini selain memegang teguh untuk bekerja dan berpikir dalam memajukan KEMAFAR-UH sebagai amanah yang telah dititipkan, walaupun akhirnya banyak kekecewaan. Semoga segala evaluasi anggota yang diberikan juga demikian - untuk memajukan organisasi ini bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan saja.  Pastilah bahwa dalam kehidupan selalu ada kemajuan dan kemunduran dalam segala aktifita

Hasil Pandangan Umum terhadap LPJ Pengurus BEM KEMAFAR-UH 2015/2016

Laporan Pertanggung Jawaban Kabinet Progresif  Revolusioner BEM KEMAFAR-UH www.bem-kemafarunhas.or.id - Pukul dua kurang sepuluh menit dinihari, asrama KPMB-MSC, salah satu agenda kongres KEMAFAR-UH 2016, pandangan umum terhadap laporan pertanggung jawaban (lpj) pengurus BEM KEMAFAR-UH periode 2015/2016 telah disampaikan oleh masing-masing angkatan. Hasilnya berimbang, tiga angkatan menolak dan tiga lainnya menerima. dengan rincian sebagai berikut; angkatan 2010, mengatakan bahwa pengurusan periode ini ada kemajuan, lpj yang disampaikan lengkap, namun angkatan mereka merasa kurang terfasilitasi, sehingga menyatakan menolak. angkatan 2011, menyampaikan bahwa periode kepengurusan ini ada perkembangan, terkesan lebih rapi dalam hal konsep dan pelaksanaan program kerja, namun menganggap pihak Bem kurang memfasilitasi angkatan tua, sehingga menyatakan menolak . angkatan 2012, tegas menolak LPJ BEM periode 2015/2016 dengan alasan transparansi kegiatan dan dana tidak jelas, keuang