Header Ads

World Cancer Day 2016: Deteksi Dini kanker

World Cancer Day 2016
Tahukah Anda di tanggal 4 Februari ada moment penting? Yah benar, tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia Penyakit kanker di Indonesia masih menjadi penyakit dengan kasus kematian terbanyak.

Bagaimana upaya deteksi dini kanker?
Deteksi dini kanker dapat dilakukan dengan pemeriksaan skrining. Menurut cancer council Australia, prinsip pemeriksaan skrining untuk kanker adalah
  • 1. Dilakukan walaupun tanpa keluhan atau gejala karena deteksi dini akan membuat terapi lebih efektif.
  • 2.Bertujuan untuk mengidentifikasi orang-orang mana yang dicurigai, yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit. Jadi tes skrining bukanlah untuk mendiagnosa, diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosa.
  • 3. Pemeriksaan skrining bertujuan untuk menemukan kelainan sedini mungkin, misalnya untuk kanker serviks dengan papsmear dapat mendeteksi tahap pra-kanker, sedangkan untuk kanker payudara dengan mamografi dapat mendeteksi tahap kanker invasif secara dini. Pemeriksaan skrining harus mempunyai akurasi yang cukup untuk mendeteksi penyakit pada tahap yang dini. Akurasi diukur dari sensitivitas dan spesifitas.
Selain itu kanker juga dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan memperhatikan hal-hal terkait indeks massa tubuh, melakukan aktivitas fisik secara rutin, tidak merokok dan minum alkohol berlebihan, serta konsumsi banyak sayur dan buah.

Di hari kanker sedunia ini harapannya kita dapat menebar cinta dan semangat para penderita kanker agar mereka tetap semangat dalam menjalani terapi dan juga memberikan alarm bagi kita yang masih sehat untuk mencintai diri sendiri dengan tes deteksi kanker sejak dini.

Mari Support Survivor Kanker, Tingkatkan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Kanker, Cegah Pertumbuhan Kanker Dengan Pola Hidup Sehat !

Repost Bimfi
Referensi : Klikdokter.com Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.