Langsung ke konten utama

Mahasiswa Farmasi Unhas Ciptakan Obat Antihipertensi Oles

Mahasiswa Farmasi Unhas ciptakan obat antihipertensi oles via viva.co.id
Bagi kamu para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), ada kabar baik. Jika Anda selama ini selalu diminta mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah dengan cara diminum, sebentar lagi bakal ada obat hipertensi yang cukup dengan dioles saja. 

Seperti apa obatnya? Tapi jangan dikira ini obat impor ya. Obat ini asli buatan anak negeri. 

Sejumlah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar baru-baru ini menemukan obat hipertensi berbasis pengolesan krim yang dibuat dari ekstrak buah mengkudu (pace). 

Mukarramah, salah satu mahasiswa yang meneliti inovasi tersebut mengatakan, saat krim dioles maka obat akan cepat masuk ke pembuluh darah. Coba bandingkan dengan obat minum yang harus melalui serangkaian proses sebelum masuk ke pembuluh darah. 
“Jadi ketika seseorang minum, obat mengalami metabolisme di hati. Nah, saat di hati itu tidak semua sampai ke pembuluh darah. Sementara obat dioles, total meresap ke pembuluh darah,” 
ujar Mukarramah kepada brilio.net (20/3) yang ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Alasan para mahasiswa menggunakan buah mengkudu, karena mengandung zat scopoletin yang berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah ketika mengalami penyempitan. Kandungan zat itulah yang berfungsi bisa menurunkan tekanan darah penderita atau sebagai antihipertensi. 

Proses pembuatan hingga menjadi krim membutuhkan waktu selama empat bulan. Mengekstrak mengkudu diformulasikan dengan liposom yang berfungsi sebagai penghantar obat ke pembuluh darah setelah dioleskan ke kulit. 

“Sistem penghantar obat ini (liposom) akan mempercepat kerja dan keefektifan obat untuk menurunkan tekanan darah,” katanya. 

Krim mengkudu ini telah diujicobakan pada tikus dan terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Namun perlu kajian lebih lanjut mengenai dosis oles yang harus digunakan penderita. “Ini masih penelitian dasar, mengenai dosis harus penelitian lanjut lagi,” tukasnya. Semoga saja karya anak bangsa ini bisa membantu para penderita hipertensi ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali)
Cara Menghafal Periodik Unsur: H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr.
Hari Libur Nanti Kita Rbutan Celana sFriska
2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah)
Cara Menghafal Periodik Unsur: Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra.
Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata
3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium)
Cara Menghafal Periodik Unsur : B. Al. Ga. In. Tl.
Butet Adalah Gadis Indonesia Tulen
4.Unsur Golongan 4A (Carbon)
Cara Menghafal Periodik Unsur: C. Si. Ge. Sn. Pb.
Cewek SeksiGenit SedanPuber
5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen) 
Cara Menghafal Periodik Unsur : N. P. As. Sb. Bi.
Neng Putri Asyik Sibuk Bisnis
6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : O. S. Se. Te. Po.
Orang Sulawesi Senang Tembak Polisi
7.  Unsur Golongan 7A (Halogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : F. Cl. Br. I. At.
Flamini Club BarIngin Atraksi
8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia)
Cara Menghafal Periodik Unsur :  He. Ne. Ar. Kr. Xe. Rn.
Heboh Negara Argentina Karena Xerong maRadona
Itulah tips dan Cara Menghafal Tabel Periodik U…

Apoteker Cilik (APOCIL)

www.bem-kemafarunhas.ac.id - Apoteker Cilik yang disingkat APOCIL merupakan salah satu kegiatan BEM KEMAFAR-UH. APOCIL adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan peran apoteker pada anak - anak sejak dini. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak sekolah dasar di daerah makassar. Kegiatan APOCIL ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Januari 2017 kemarin pada pukul 08.00 WITA bertempat di SD Inpres Tamalanrea V Makassar.
Kegiatan ini dihadiri oleh apoteker, pengurus BEM KEMAFAR-UH, panitia APOCIL serta relawan APOCIL. Adik-adik yang masih SD sangat antusias mengikuti agenda APOCIL ini karena selain materi pengenalan profesi apoteker dan materi-materi yang mendukung, kegiatan ini juga diselingi dengan mewarnai gambar, kuis, dan games yang tak kalah seru.
writer : admin

Interactive Discussion

www.bem-kemafarunhas.or.id- Interaktive Discussion yang disingkat ID merupakan salah satu kegiatan dari depatermen kajian strategi dan advokasi yang dituangkan dalam suatu program kerja. ID merupakan salah satu kegiatan yang dikemas dalam bentuk diskusi yang menghadirkan tokoh - tokoh inspiratif dalam lingkungan farmasi maupun dari luar farmasi.
Interaktive Discussion yang petama akan menghadirkan salah satu tokoh inspiratif  sekaligus dosen fakultas farmasi yaitu pak Muhammad Aswad, Ph.D.,Apt yang akrab disapa kak Aswad, kegiatan ID ini bertemakan "Prepare yourself and get your dreams" yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 November 2016, pukul 16.00-selesai yang bertempat di Aula lantai 4 Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin.
writer:DER/Photo:MBP