Langsung ke konten utama

World AIDS Day



www.bem-kemafarunhas.or.id - World AIDS Day merupakan ide dari 2 orang petugas informasi publik yang bekerja untuk Global Programme on AIDS di World Health Organisation bernama James Bunn dan Thomas Netter pada tahun 1987. Persetujuaan pelaksanaan World AIDS Day disahkan oleh Dr. Jonathan Mann, mantan kepala Global Programme on AIDS (sekarang menjadi UNAIDS). Pada awalnya penetapan tanggal 1 Desember sebagai peringatan World AIDS Day ditujukan agar mendapatkan peliputan media barat semaksimal mungkin, terutama setelah berakhirnya pemilu Amerika Serikat dan sebelum berlangsung libur hari natal maka mereka menetapkan World AIDS Day setiap tanggal 1 Desember.

Pita merah menjadi lambang Internasional sebagai tanda kepedulian terhadap HIV/AIDS. Pada Tahun 1991, sekelompok seniman New York mencari sebuah tanda atau simbol abadi untuk menyatukan dunia agar peduli terhadap penyebaran AIDS yang menjadikan hal ini sebagai asal mula terciptanya pita merah. Warna merah dari pita tersebut melambangkan warna darah, yang menjadi salah satu media penyebaran HIV/AIDS. Warna merah juga melambangkan semangat, semangat untuk hidup dan melawan penyakit ini. Oleh karena itu, pita merah dilambangkan sebagai keprihatinan dan kepedulian terhadap HIV/AIDS.

Dilansir dari metrotvnews.com berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sejak tahun 2005 sampai 2015 terdapat kasus HIV di Indonesia sebanyak 184.929 kasus yang didapat dari laporan layanan konseling dan tes HIV. Faktor resiko penularan HIV tertinggi adalah hubungan seks tidak aman pada heteroseksual maupun homosekual, serta penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Oleh karena itu, mari memerangi penyebaran HIV/AIDS. Jadikan penggunaan pita merah sebagai langkah awal, langkah selanjutnya adalah  kesadaran dan tindakan nyata dalam memerangi HIV/AIDS.  

Sumber :http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141201123748-255-14942/asal-muasal-hari-aids-dunia/http://lifewithoutaids.weebly.com/blog/arti-pita-merah-unvictoryhttp://news.metrotvnews.com/read/2015/11/30/196222/jumlah-kasus-hiv-aids-di-indonesia-meningkat

writer : admin
photo by : daeng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali)
Cara Menghafal Periodik Unsur: H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr.
Hari Libur Nanti Kita Rbutan Celana sFriska
2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah)
Cara Menghafal Periodik Unsur: Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra.
Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata
3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium)
Cara Menghafal Periodik Unsur : B. Al. Ga. In. Tl.
Butet Adalah Gadis Indonesia Tulen
4.Unsur Golongan 4A (Carbon)
Cara Menghafal Periodik Unsur: C. Si. Ge. Sn. Pb.
Cewek SeksiGenit SedanPuber
5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen) 
Cara Menghafal Periodik Unsur : N. P. As. Sb. Bi.
Neng Putri Asyik Sibuk Bisnis
6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : O. S. Se. Te. Po.
Orang Sulawesi Senang Tembak Polisi
7.  Unsur Golongan 7A (Halogen)
Cara Menghafal Periodik Unsur : F. Cl. Br. I. At.
Flamini Club BarIngin Atraksi
8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia)
Cara Menghafal Periodik Unsur :  He. Ne. Ar. Kr. Xe. Rn.
Heboh Negara Argentina Karena Xerong maRadona
Itulah tips dan Cara Menghafal Tabel Periodik U…

[REMINDER] - Jangan Lupa Membaca Surah Al-Kahfi di Tiap Jumat

[REMINDER]⁣ ⁣ Jangan lupa membaca surah Al-Kahfi tiap hari Jumat⁣ ⁣ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ. رواه الحاكم.⁣ ⁣ Dari Abu Said Al-Khudri r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Sungguh siapa membaca surah Al-Kahf di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).⁣ ⁣ ----------------------⁣ ⁣ BEM KEMAFAR-UH Periode 2019/2020⁣ Kabinet KARYA⁣ Departemen Keorhanian⁣ 18/KEROHANIAN/VI/14052020

Yuuk, Kenal Lebih Dekat dengan AOMKI

sumber gambar: https://pbs.twimg.com/profile_images/620458551069114368/W2zOvocg.jpg
Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI) merupakan satu-satunya wadah yang menaungi sembilan organisasi mahasiswa (Ormawa) kesehatan Indonesia yang terdiri dari ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia), PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia), ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia), ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia), ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia), CIMSA (Center for Indonesian Medical Students' Activities), dan AMSA (Asian Medical Students' Association-Indonesia). 

Aliansi organisasi mahasiswa kesehatan Indonesia memiliki sejarah yang panjang, yaitu berawal dari dicanangkannya program HPEQ Student yang diinisiasi oleh Kemenristek Dikti dan 9 organisasi mahasiswa pada tahun …