Header Ads

World AIDS Day



www.bem-kemafarunhas.or.id - World AIDS Day merupakan ide dari 2 orang petugas informasi publik yang bekerja untuk Global Programme on AIDS di World Health Organisation bernama James Bunn dan Thomas Netter pada tahun 1987. Persetujuaan pelaksanaan World AIDS Day disahkan oleh Dr. Jonathan Mann, mantan kepala Global Programme on AIDS (sekarang menjadi UNAIDS). Pada awalnya penetapan tanggal 1 Desember sebagai peringatan World AIDS Day ditujukan agar mendapatkan peliputan media barat semaksimal mungkin, terutama setelah berakhirnya pemilu Amerika Serikat dan sebelum berlangsung libur hari natal maka mereka menetapkan World AIDS Day setiap tanggal 1 Desember.

Pita merah menjadi lambang Internasional sebagai tanda kepedulian terhadap HIV/AIDS. Pada Tahun 1991, sekelompok seniman New York mencari sebuah tanda atau simbol abadi untuk menyatukan dunia agar peduli terhadap penyebaran AIDS yang menjadikan hal ini sebagai asal mula terciptanya pita merah. Warna merah dari pita tersebut melambangkan warna darah, yang menjadi salah satu media penyebaran HIV/AIDS. Warna merah juga melambangkan semangat, semangat untuk hidup dan melawan penyakit ini. Oleh karena itu, pita merah dilambangkan sebagai keprihatinan dan kepedulian terhadap HIV/AIDS.

Dilansir dari metrotvnews.com berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sejak tahun 2005 sampai 2015 terdapat kasus HIV di Indonesia sebanyak 184.929 kasus yang didapat dari laporan layanan konseling dan tes HIV. Faktor resiko penularan HIV tertinggi adalah hubungan seks tidak aman pada heteroseksual maupun homosekual, serta penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Oleh karena itu, mari memerangi penyebaran HIV/AIDS. Jadikan penggunaan pita merah sebagai langkah awal, langkah selanjutnya adalah  kesadaran dan tindakan nyata dalam memerangi HIV/AIDS.  

Sumber :http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141201123748-255-14942/asal-muasal-hari-aids-dunia/http://lifewithoutaids.weebly.com/blog/arti-pita-merah-unvictoryhttp://news.metrotvnews.com/read/2015/11/30/196222/jumlah-kasus-hiv-aids-di-indonesia-meningkat

writer : admin
photo by : daeng

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.