Langsung ke konten utama

Pelaporan Pengawalan Bantuan UKT

 


PELAPORAN PENGAWALAN BANTUAN UKT

BEM KASTRAD KEMAFAR UH membuka pengisian formulir untuk anggota KEMAFAR UH sebagai bentuk pengawalan. Dari formulir yang dibagikan, 12 orang mengisi dengan kendala yang berbeda-beda, dan terseleksi hingga 8 orang. Penyeleksian dilakukan berdasarkan urgensi dari tiap alasan yang diberikan. Dari 8 orang tersebut, 3 orang merupakan angkatan 17, 1 orang merupakan angkatan 2018, 2 orang merupakan angkatan 2019, dan 2 orang merupakan angkatan 2020.

Kendala yang disampaikan meliputi penghasilan orang tua yang menurun karena pandemi covid, orang tua yang meninggal, keuangan yang tidak stabil karena orangtua kehilangan pekerjaan, ataupun karena biaya uang kuliah tunggal yang ditanggung sendiri dan kesulitan dalam hal pemenuhannya.

Dari keluhan yang ada, kami kemudian melakukan advokasi ke pihak dekanat. Kami menemui wakil dekan bidang kemahasiswaan, alumni, dan kemitraan serta wakil dekan bidang perencanaan, keuangan, dan sumber daya untuk pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini. Berdasarkan informasi dari wakil dekan bidang kemahasiswaan, alumni, dan kemitraan  menyatakan bahwa untuk semester ini pemberian dana bantuan untuk yang terkendala membayar UKT disesuaikan dengan tudak adanya penyampaian rektor secara resmi terkait kebijakan penurunan ataupun pengurangan UKT. Pengambilan keputusan tingkat fakultas semuanya pasti berdasarkan kebijakan oleh pihak rektorat yang kemudian direalisasikan di tingkat fakultas, sehingga kami dialihkan untuk langsung membahas hal ini bersama pihak rektorat.

Pada akhirnya, kami menyurat untuk mengatur pertemuan dengan wakil rektor bidang keuangan yang kemudian diarahkan untuk bertemu dengan kepala biro. Pertemuan dengan kepala biro keuangan Universitas Hasanuddin juga menyampaikan bahwa untuk semester ini memang tidak ada bantuan pembayaran UKT karena telah memasuki masa normalisasi. Selain itu, Universitas Hasanuddin diakui sebagai universitas yang konsisten memberi bantuan kepada mahasiswa yang terdampak pandemi covid selama 3 semester dengan kerugian hingga belasan milyar. Kebijakan yang kemudian diberlakukan di Universitas hasanuddin yaitu pembebasan pembayaran UKT untuk mahasiswa dengan berkas sidang yang keluar sebelum tenggat waktu pembayaran UKT. Hal ini juga cukup besar membantu mahasiswa dengan diberlakukannya untuk semua mahasiswa dan bersifat jangka panjang nantinya, bukan hanya selama pandemi covid.

        Berdasarkan hal tersebut di atas, maka KASTRAD BEM KEMAFAR UH berinisiatif untuk membuka penggalangan donasi yang disebarkan memalui media sosial. Hasil penggalangan dana berhasil memperoleh dana sebesar Rp. 6.775.000 yang berasal dari dana bantuan pengurus periode sebelumnya dan dosen fakultas farmasi. Hal ini mampu menutupi uang kuliah tunggal anggota KEMAFAR sebanyak 4 orang secara penuh dan 3 orang bantuan dana hasil bagi dari dana yang tersisa.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Cepat Hafal Tabel Periodik Unsur

1. Unsur golongan 1A (Alkali) Cara Menghafal Periodik Unsur:  H. Li. Na. K. Rb. Cs. Fr. H ari  L i bur  Na nti  K ita  Rb utan  C elana  s i  Fr iska 2. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) Cara Menghafal Periodik Unsur:  Be. Mg. Ca. Sr. Ba. Ra. Be li  Ma ngga  Ca mpur  S i r sak  Ba gi  Ra ta 3. Unsur Golongan 3A (Boron/Aluminium) Cara Menghafal Periodik Unsur :  B. Al. Ga. In. Tl. B utet  A da l ah  Ga dis  In donesia  T ulen 4.   Unsur Golongan 4A (Carbon) Cara Menghafal Periodik Unsur:  C. Si. Ge. Sn. Pb. C ewek  S eksi   Ge nit  S eda n g  P u b er 5. Unsur Golongan 5A (Nitrogen)  Cara Menghafal Periodik Unsur :  N. P. As. Sb. Bi. N eng  P utri  As yik Si b uk  Bi snis 6. Unsur Golongan 6A (Khalkogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  O. S. Se. Te. Po. O rang  S ulawesi  Se nang  Te mbak  Po lisi 7.  Unsur Golongan 7A (Halogen) Cara Menghafal Periodik Unsur :  F. Cl. Br. I. At. F lamini  Cl ub  B a r u  I ngin  At raksi 8. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia

Sebait Kalimat dari Pengurus Bem Demisioner 2015/2016 untuk Seluruh Anggota Kemafar-UH

Assalamualaikum wr wb,  Tanpa mengurangi rasa hormat kami kepada seluruh anggota KEMAFAR-UH dimanapun berada saat ini, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat,  Melalui tulisan ini dengan segala kerendahan hati dan penuh kesadaran, kami meminta maaf jika selama satu periode kepengurusan BEM KEMAFAR-UH 2015/2016 ini banyak kekurangan dan ketidakpuasan dari anggota atas kinerja kami sebagai pelayan KEMAFAR-UH, tidak mewadahi anggota, dan tidak berbuat lebih untuk memajukan organisasi yang kita cintai ini,  kami memohon maaf.  Bagi kami, tak ada yang bisa kami berikan kepada organisasi ini selain memegang teguh untuk bekerja dan berpikir dalam memajukan KEMAFAR-UH sebagai amanah yang telah dititipkan, walaupun akhirnya banyak kekecewaan. Semoga segala evaluasi anggota yang diberikan juga demikian - untuk memajukan organisasi ini bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan saja.  Pastilah bahwa dalam kehidupan selalu ada kemajuan dan kemunduran dalam segala aktifita

Hasil Pandangan Umum terhadap LPJ Pengurus BEM KEMAFAR-UH 2015/2016

Laporan Pertanggung Jawaban Kabinet Progresif  Revolusioner BEM KEMAFAR-UH www.bem-kemafarunhas.or.id - Pukul dua kurang sepuluh menit dinihari, asrama KPMB-MSC, salah satu agenda kongres KEMAFAR-UH 2016, pandangan umum terhadap laporan pertanggung jawaban (lpj) pengurus BEM KEMAFAR-UH periode 2015/2016 telah disampaikan oleh masing-masing angkatan. Hasilnya berimbang, tiga angkatan menolak dan tiga lainnya menerima. dengan rincian sebagai berikut; angkatan 2010, mengatakan bahwa pengurusan periode ini ada kemajuan, lpj yang disampaikan lengkap, namun angkatan mereka merasa kurang terfasilitasi, sehingga menyatakan menolak. angkatan 2011, menyampaikan bahwa periode kepengurusan ini ada perkembangan, terkesan lebih rapi dalam hal konsep dan pelaksanaan program kerja, namun menganggap pihak Bem kurang memfasilitasi angkatan tua, sehingga menyatakan menolak . angkatan 2012, tegas menolak LPJ BEM periode 2015/2016 dengan alasan transparansi kegiatan dan dana tidak jelas, keuang